7 Manfaat Yogurt untuk Bayi di bawah Usia 1 tahun dan Balita


7 Manfaat Yogurt untuk Bayi di bawah Usia 1 tahun dan Balita 
Yogurt dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dengan kandungan probiotiknya. Yogurt adalah minuman atau makanan yang sangat populer di seluruh dunia, seperti yang dikonsumsi oleh banyak orang. Dengan tekstur semipadat, rasa manis, asam dan khasiatnya, membuat yogurt menjadi makanan penutup dan makanan pembuka yang sangat baik. Banyak kebudayaan di seluruh dunia telah menyaksikan kelahiran yogurt, tentu saja secara tidak sengaja.

Menurut sejarahnya bahwa yogurt pertama kali ditemukan di Turki. Diceritakan bahwa ada seorang nomad yang bepergian di padang pasir dengan susu disimpan dalam kulit kambing menemukan yogurt terbentuk setelah beberapa jam. Bakteri probiotik di kulit tempat menyimpan susu tersebut dan matahari harus memberikan kondisi yang tepat untuk fermentasi susu. Berabad-abad kemudian, produksi yogurt telah disempurnakan. Yogurt diperkenalkan di Amerika Serikat pada awal 20. Beberapa rasa telah diperkenalkan dalam yoghurt dan sangat populer hingga saat ini.

Yogurt / dadih atau yang kita kenal dengan susu permentasi adalah asupan baik untuk tubuh kita. Probiotik di dalam nya bisa menjadi asupan baik untuk saluran pencernaan. Probiotik yang baik di antaranya
  1. lactobacillus acidophilus
  2. lactobacillus bulgaricus
  3. stertococcus thermophilus.
  4. Bifidobacterium longum.

==>>>  Baca juga : Bolehkah Bayi Diberi Minum Yoghurt  <<<==

 

Nutrisi yang terkandung di dalam Yogurt

Menurut National Nutrient database oleh Amerika Serikat Departemen Pertanian, kadar nutrisi yang ditemukan dalam yogurt




Nah, berikut ini adalah 7 manfaat kesehatan yogurt untuk bayi :

  1. Yogurt bermanfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Asam laktat yang terkandung di dalam yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi secara teratur, bakteri yang menyebabkan diare, disentri, infeksi dan radang di perut tidak dapat bertahan di hadapan asam laktat. Dengan demikian, dengan mengkonsumsi yogurt untuk bayi Anda, tentunya dapat bertindak sebagai tindakan pencegahan terhadap diare, disentri dan infeksi.
  2. Yogurt baik untuk masalah lambung: Fermentasi yogurt memiliki asam laktat di dalamnya. Namun, dalam kenyataannya asam ini tidak mengganggu keseimbangan asam-alkali dalam tubuh dan terlebih lagi akan sangat membantu dalam menetralkan keasaman dan mengurangi iritasi pada lambung. Dengan demikian, itu adalah makanan alkali yang baik untuk perut. (Bakhru, Makanan yang Sembuhkanlah).
  3. Makanan selama hepatitis dan jaundice: Hepatitis dan penyakit kuning adalah penyakit terkait hati. Pembentukan amonia dalam hati dapat dikurangi dalam penyakit ini ketika yogurt yang dikonsumsi secara teratur. Bahkan, banyak sekolah kedokteran tradisional seperti Ayurveda, merekomendasikan yogurt dan susu mentega selama penyakit kuning atau hepatitis.
  4. Obat yang berguna untuk diare dan disentri: Selain mencegah penyakit seperti diare dan disentri, yoghurt dapat juga bertindak sebagai obat untuk diare dan disentri. Studi dengan bayi berusia antara 6-24 bulan dengan diare sedang dan berat ketika diberi yogurt bersama dengan pengobatan standar pulih cepat daripada mereka yang hanya menerima perawatan standar. Catatan: Susu yang digunakan untuk membuat yoghurt itu dipasteurisasi.
  5. Membantu mengatasi insomnia: Salah satu isu utama yang bayi dapat hadapi adalah insomnia. Insomnia dapat dikurangi dengan secara teratur sangat memberikan yogurt untuk anak Anda. Selain asupan yogurt, pijat yogurt di dahi dapat menginduksi tidur pada anak-anak. (Bakhru, Makanan yang Sembuhkanlah).
  6. Remedy untuk infeksi saluran kemih: Bakteri probiotik yang ditemukan dalam yogurt membantu dalam mengurangi infeksi bakteri penyebab yang berada di saluran kemih. Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan sensasi terbakar ketika buang air kecil. Ini sensasi terbakar dan akar penyebab infeksi dapat dikurangi untuk sebagian besar dengan memberikan yogurt untuk bayi Anda secara teratur. ( Reid, 2001 ).
  7. Supplies nutrisi penting: Selain bertindak sebagai obat untuk berbagai penyakit, yogurt juga berguna dalam memasok vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan bayi Anda. Yogurt mengandung vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, thiamin, niacin, riboflavin dan folat. Mineral yang ditemukan dalam yogurt termasuk kalsium, kalium, fosfor, magnesium, besi, natrium, seng, dll vitamin dan mineral yang penting untuk pembangunan secara keseluruhan bayi Anda.
0 Komentar untuk "7 Manfaat Yogurt untuk Bayi di bawah Usia 1 tahun dan Balita"

Back To Top